Kuliner Khas Labuhan Batu, Serabi Pak Raja Sejak 1982

Kuliner Khas Labuhan Batu, Serabi Pak Raja Sejak 1982

Trendingusaha | Serabi, kuliner tradisional khas Indonesia ini tidak jelas dari mana asal usulnya, namun bagi Pak Raja, Serabi sudah menjadi bagian dari kehidupannya sejak 35 tahun silam.Terletak di kawasan Negeri Lama, Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhan Batu Sumatera Utara, Serabi Pak Raja sudah terkenal bukan saja di Labuhan Batu namun daerah lainnya di Sumatera Utara..

Kuliner Khas Labuhan Batu, Serabi Pak Raja Sejak 1982

 Bagi pendatang, melintasi jalan besar Negeri Lama serasa lebih nikmat manakala singgah sebentar di tempat penjualan Surabi Pak Raja. Letak persisnya lihat di Google Maps  ini

Mulai dari para pemimpin daerah sampai traveler sudah pernah singgah di sini. . Yang menjadi ciri khas serabi ini adalah pulennya makin nikmat terpadu dengan kuah yg kental dan manis rasanya. Serabi Raja, menjadi penanda pernah singgah ke daerah bekas Kesultanan Bilah.

Awal mula usaha ini dirintis oleh Ibu Misbah namun karena usianya sudah 72 tahun, sekarang sudah digantikan oleh anak anaknya. .
Setiap hari Serabi Pak Raja membuat 100 loyang dan langsung habis. Bahan yang dibutuhkan untuk menghasilkan sebanyak itu membutuhkan 10-12 kg tepung terigu. Ditambah Kelapa dan sejumlah gula merah, kemudian diadon dari beberapa komposisi campuran tepung dan lainnya.

Karena peminat yang cukup tinggi, kadang sampai kewalahan apalagi jika ada pesanan mendadak. Misalkan, di saat ada acara-acara Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu yang diselenggarakan di sekitar kawasan Kecamatan Bilah Hilir, Panai Hulu, Panai Tengah dan Panai Hilir. Pesanan akan tinggi. Pun juga manakala ada warga yang menyelenggarakan hajatan wirid.

Saat bulan puasa Ramadhan, jumlah permintaan Surabi pun melambung tinggi, sehingga usaha mereka harus memproduksi surabi lebih banyak lagi untuk berbuka puasa sampai memasak200 loyang.
Kedepannya seperti yang disampaikan Rial, Serabi Pak Raja berencana melakukan ekspansi usaha dititik strategis di kota Rantauprapat.

BACA JUGA : Sukses dengan Ide Usaha Kuliner Unik Ini

Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------