Tahu Tek Cak Ari, Usaha Mahasiswa Omzet Ratusan Juta

Tahu Tek Cak Ari, Usaha Mahasiswa Omzet Ratusan Juta

Trendingusaha | Ranto Ari Pratama, mahasiswa UNHAS jurusan akuntansi ini bukan seorang mahasiswa biasa. Selain seorang mahasiswa, ia juga merupakan seorang pengusaha yang memiliki omset ratusan juta rupiah setiap bulannya dengan usaha tahu tek Cak Ari. , Ranto telah menjadi salah satu pemuda yang dikagumi di kampung halamannya, Makassar.

Tahu Tek Cak Ari, Usaha Mahasiswa Omzet Ratusan Juta

Layaknya pengusaha yang menapaki perjuangan pasang surut,  Rantopun sempat melewati masa-masa sulit dalam mencari uang. Mantan ketua KAMMI UNHAS ini mencoba berbagai macam jualan mulai dari berjualan pulsa saat pertama masuk kuliah, kemudian beralih profesi dengan mengikuti bisnis MLM. Walaupun di bisnis MLM Ranto sempat mendapatkan kesuksesan dengan mendapat predikat “Sapire Manajemen”, tapi Ranto tetap tidak puas dan memutuskan untuk berhenti menjadi sales MLM. Ia kemudian menjajagi dunia bisnis dengan melihat peluang bisnis baru, yaitu menjadi distributor kopi. Usaha inipun mendapat kegagalan

Ia tak pantang menyerah dan terus berusaha meski terus mengalami kegagalan. Setelah kegagalan demi kegagalan ia lalui, ia membuka peluang usaha franchise fast food. Baru 2 bulan berjalan, gerainya harus tutup karena sepi peminat. Tak mau berputus asa, Ranto mencoba mencari inspirasi bisnis baru. Ia mulai mendapat sebuah titik terang lewat kuliner khas Jawa Timur, yaitu tahu tek. Ide usaha tahu tek dipilihnya karena peluang usaha kuliner ini jarang ditemukan di Makassar, sehingga peluang berkembangnya sangat lebar. Dengan modal 4 juta hasil dari pinjaman kepada teman juga tabungannya, Ranto membuat sebuah gerobak dan membeli bahan baku.

Alumni Forum Indonesia Muda ini mengaku awalnya ada beberapa kesulitan kuliner tahu tek ini berkembang di ibu kota Sulawesi Selatan ini. Yang pertama ia harus menyesuaikan resep tahu tek dengan lidah masyarakat di kota Makassar, yang kedua adalah  harga bahan baku stabil saat itu yang menyebabkan Ranto kesulitan menentukan harga tetap. Meski demikian, Ranto akhirnya berhasil melewati dua tantangan itu dengan gemilang dan menjadi wirausahawan sukses.


Seiring dengan perkembangan waktu, pelanggan “Tahu Tek Cak Ari” terus mengalami peningkatan. Tak mau kehilangan para pengunjung, Ranto terus memperbaiki managemennya, mulai dari pelayanan sampai pada fasilitas. Dalam kurun 3 tahun sejak tahu tek cak Ari didirikan ditahun 2010, Ranto sudah memiliki lebih dari 20 gerai, beberapa diantaranya berada di luar kota. Kini target selanjutnya yang diusung Ranto adalah membuka usaha waralaba yang sukses.

Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------