Modal Usaha Dari Pemerintah

Modal Usaha Dari Pemerintah

Bagi para pebisnis khususnya pelaku usaha kecil menengah, memperoleh modal usaha dari pemerintah merupakan sesuatu yang sangat diharapkan guna menunjang persiapan melaksanakan usaha yang akan dirintis.
Selaku penyelengara tata negara, pemerintah memiliki kewajiban agar turut mensejahterakan penduduk atau masyarakatnya.
Upaya yang paling tepat adalah dengan mendorong kewirausahaan di Indonesia dengan cara memberikan bantuan pembiayaan usaha.
Ada berbagai bentuk program bantuan modal usaha yang selama ini sudah berjalan, akan tetapi masih banyak masyarakat yang belum memahami tentang bagaimana cara memperoleh modal usaha dari pemerintah tersebut.

Beberapa cara untuk memperoleh modal usaha dari pemerintah

Dari program yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah terbagi menjadi dua pilihan yaitu pemberian modal dalam bentuk kredit dan bantuan modal bukan kredit.

1. Yang termasuk bantuan modal kredit dari pemerintah

Program bantuan kredit ini dikeluarkan oleh pemerintah untuk memberikan dorongan aktifitas wirausaha dengan bentuk pinjaman modal dengan suku bunga rendah.
Terutama ditujukan untuk para pengusaha kecil dan menengah (UKM) yang mana mereka masih banyak membutuhkan suntukan modal.
Langkah pemerintah ini berjalan dengan beberapa bank untuk membuat kerjasama melaksanakan program bantuan kredit usaha diantaranya adalah:
  • Kredit Usaha Rakyat (KUR)
  • Program Kemitraan dan Bina Lingkungan
  • PNPM Mandiri

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

KUR bisa memberikan bantuan modal usaha secara kredit hinga maksimal 500juta.
KUR ini dapat diajukan oleh pemilik usaha kepada bank pemerintah seperti BRI sedangkan syarat untuk mendapatkannya yaitu harus memiliki usaha yang dengan prospek yang menjanjikan.
Bentuk dan jenis usaha yang dapat diberikan KUR adalah usaha produktif dan layak, tetapi belum terkait dengan agunan ataupun sebagai jaminan kepada bank.
Selanjutnya bisa anda simak di sini tentang bagaimana cara mengajukan KUR agar dapat disetujui.

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL)

Program ini merupakan perwujudan dari peraturan menteri Negara BUMN yang menyebutkan bahwa BUMN memiliki kewajiban untuk melakukan kemitraan dengan masyarakat dan juga bina lingkungan.
Sayangnya, program ini dialihkan ke PT.PNM. Hal ini disebabkan pihak BUMN belum bisa mengelola dan PKBL dengan baik.
Lalu bagaimana cara memperoleh modal usaha dari program PKBL ini?
Pada prinsipnya sama saat anda melakukan pengajuan kredit di perbankan. Lengkapi berkas usaha anda lalu ajukan.
Namun ada beberapa persyaratan administrasi tambahan yang diperlukan, yaitu surat pernyataan bahwa anda tidak sedang menerima pinjaman dari BUMN lain.

PNPM Mandiri

Program PNPM Mandiri juga memiliki layanan pemberian modal kepada usaha kecil menengah.
Pihak yang diberi modal adalah warga yang termasuk dalam wilayah PNPM Mandiri.
Warga yang diberi bantuan merupakan warga miskin di daerah tersebut. Adapun penetapan tentang cara memperoleh modal usaha dari program ini diserahkan pada musyawarah warga sendiri.

2. Bantuan modal usaha bukan kredit

Program bantuan bukan kredit ini sebuah bentuk dukungan dari pemerintah bagi pelaku usaha kecil menengah dengan cara memberikan materi ataupun sarana penunjang menjalankan usaha di antaranya adalah:

Program bantuan peralatan usaha dari pemerintah

Model ini adalah cara memperoleh modal usaha tanpa berbentuk uang, namun berupa barang.
Beberapa dinas pemerintahan yang memang berhubungan dengan kewirausaahn juga mempunyai program untuk mendorong wirausaha di Indonesia.
Bantuan modal tidak hanya berupa uang, tetapi berupa barang seperti mesin-mesin.
Salah satu dinas yang memberikan bantuan modal adalah Disperindag. Bantuan yang diberikan berupa mesin, tenda untuk kaki lima, kulkas, dan peralatan lainnya dan khusus bantuan tersebut diberikan kepada wirausaha baru.
Dari ragam bentuk bantuan modal usaha dari pemerintah di atas tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tengah merencanakan sebuah gagasan membuka usaha kecil, usaha rumahan, maupun jenis usaha sampingan yang potensial dapat memberikan penghasilan dan keuntungan.
Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------