Belajar Dari Kisah Sukses Usaha Kerajinan Limbah Kaca Pak Suyanto

Belajar Dari Kisah Sukses Usaha Kerajinan Limbah Kaca Pak Suyanto

Trendingusaha | Kerajinan limbah kaca bisa memberi peluang besar bagi usaha kerajinan. Disamping bahan baku yang melimpah, kreatifitasnya tidak terbatas.Semakin punya ide usaha dan nilai seni untuk membuat perabot, hiasan atau apapun dari bahan kaca, semakin besar peluang usaha seperti ini untuk sukses dimasa depan. 

Seperti yang telah dibuktikan oleh Pak suyanto, Dengan usaha yang dilandasi dengan niat dan ketekunan memang tak pernah bohong. Dengan wirausaha yang kini dijalaninya sebagai perajin pernak-pernik perabotan dari limbah kaca, Suyanto mampu menyulap limbah kaca menjadi  Perabotan Ekslusif Bernilai Tinggi.
Hanya bermodal relatif kecil dengan peralatan yang sederhana, Suyanto, pria berusia 53 tahun asal Yogyakarta bersama istri mencoba mencari peruntungan dengan membuka usaha pembuatan kerajinan mozzaic kaca dengan label Surya Citra Mozzaic, di Bantul, Yogyakarta.

Belajar Dari Kisah Sukses Usaha Kerajinan Limbah Kaca Pak Suyanto

Potongan potongan kaca yang biasanya sudah tak berguna dan dihindari orang karena tajam, malah menjadi produk bernilai jual. Suyanto mampu meracik serpihan kaca menjadi kotak tisu, cermin, vas bunga, kap lampu, jam dinding, kaligrafi bahkan gapura pernikahan dengan desain yang keren dan mengesankan..

Seperti yang ia katakan, modal yang dikeluarkan saat memulai berwirausaha sebesar Rp 1 juta untuk membeli mesin amplas. Usaha yang dirintisnya sejak 2010 ini kini terus berjalan, dengan permintaan produk yang dijual mulai dari Rp 10.000 hingga belasan juta rupiah, tergantung ukuran dan tingkat kesulitannya.
“Dulu omzet satu bulan hanya sekitar Rp 2 jutaan, Sekarang mungkin 5 sampai 6 kali lipatlah,” tutur dia.
Walaupun produksinya masih pengrajin kelas rumahan, namun dalam jangka waktu kurang dari 7 tahun ini Suyanto mengatakan, produknya telah diminati konsumen mancanegara, ketika saat dia mengikuti beberapa pameran kerajinan.Seperti pembeli dari Maroko, Afrika Selatan, Jerman, Spanyol, India, Malaysia, China, dan Korea. Varian produk yang biasa dipesan seperti bingkai foto, vas bunga, kaca, sampai kotak tisu,” ucap Suyanto.
“Kalau target pasar, walaupun bahannya limbah, tapi karena penampilan, konsumen bilang penampakannya ini eksklusif. Jadi sasarannya menengah ke atas, dan sebetulnya pekerjaan ini masih sangat jarang,” tandasnya.
Produk yang telah dibuat oleh Surya Citra Mozzaic antara lain cermin, pigura, tempat tisu lipat, kotak tisu, vas bunga, guci, kaligrafi, tempat aroma terapi, tempat sabun cair, dan masih banyak lagi lainnya.
Jika pelanggan menginginkan desain motif dan bentuk yang sesuai permintaan, Suyanto juga bisa membuatnya sesuai pesanan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Surya Citra Mozzaic, bisa melalui jaringan berikut ini.
Alamat workshop:
Jalan Semoyan, RT 02 Singosaren, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. 


Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------