Tips Memilih Produk Online Shop Pemula Yang Menguntungkan Untuk Dijual

Tips Memilih Produk Online Shop Pemula Yang Menguntungkan Untuk Dijual

Trendingusaha Blog | Menjual produk online secara umum sebenarnya hampir sama dengan menjual produk secara offline yang membedakan adalah jenis transaksinya. Jualan online memanfaatkan memanfaatkan media online maupun sosial untuk menggelar lapaknya (bukan produk nyata), berbeda dengan jualan offline. Oleh karena itu untuk memberikan kepercayaan kepada konsumen, para pebisnis online memberikan berbagai macam cara agar produk yang dijual bisa laku walaupun tanpa menunjukkan barang secara riilnya, seperti barang datang baru bayar (COD), garansi resmi/ asli, diskon gila gilaan, tak cocok barang kembali dan lain lain.

Namun ada satu hal yang sebenarnya terlewat dari perhatian para pelaku usaha online dimana tidak melulu mengumbar layanan yang wow untuk tetap survive ditengah persaingan olshops besar yang hampir merajai semua produk untuk dijual. Bagi pemilik olshops kecil atau pemula hampir mustahil untuk bisa menyaingi layanan olshop besar yang sudah didukung finansial yang memadai. Namun Anda masih bisa bermain dengan jenis dan pilihan produknya. Berikut tips menjual produk yang bisa menguntungkan asal tetap konsisten :

Tips Memilih Produk Online Shop Pemula Yang Menguntungkan Untuk Dijual

  1. Fokus hanya pada satu jenis produk dengan beberapa varian saja : Dengan memfokuskan diri pada satu jenis produk, Anda akan berkonsentrasi pada kualitasnya
  2. Spesifik : Cari produk spesifik dan khusus hanya orang orang tertentu yang membutuhkan produk ini namun benar benar dibutuhkan, seperti untuk produk properti untuk para difabel, lansia, dll
  3. Unik : produk unik berhubungan dengan kreatifitas. Anda bisa menggali seluas mungkin produk unik yang bisa dipasarkan. Semakin unik akan semakin penasaran orang untuk membelinya.
  4. Buatan Sendiri : Banyak pebisnis sukses berawal dari homemade produk. Kenutungan berlipat bisa Anda dapat jika mampu membuat dan memasarkan sendiri tanpa melalui agen maupun broker.
  5. Berbasis lokal : Seperti yang digalakkan pemerintah selalu menginginkan terciptanya produk berbasis lokal. Mulailah dengan bahan baku yang berlimpah disekitar domisili Anda, pikirkan sesuatu yang bisa dimanfaatkan dari bahan baku tersebut untuk menjadi produk yang berharga.
  6. Long term : Produk musiman bukan berarti tidak menguntungkan, namun jika keuntungannya hanya untuk satu bulan disaat hari besar saja misalnya, Anda bisa mulai memikirkan produk yang laku sepanjang tahun.
  7. Sedikit persaingan : Mencipta sesuatu yang baru atau memodifikasi produk yang lagi trend membuat produk yang Anda jual akan mengurangi tingkat persaingannya. Bahkan bisa jadi Anda yang terdepan dibidangnya.
  8. Kualitas sesuai harga : Seperti yang disampikan terdahulu, konsumen online tidak hanya berburu produk murah dengan layanan yang wah saja, namun banyak konsumen yang mencari produk yang benar benar berkualitas walaupun dari segi harga lebih mahal.
  9. Produk dengan sedikit resiko : Untuk barang barang yang mempunyai resiko tinggi seperti gampang pecah, rusak, cepat kadaluwarsa, mengandung zat zat berbahaya sebaiknya dipikirkan masak masak untuk dijual onlne walaupun dari segi permintaan sangat tinggi. 


Beberapa produk yang bisa menjadi rekomendasi untuk dijual secara online bisa dilihat DISINI.

Selain produk, pemasaran online bisa Anda lakukan tidak hanya melalui sosial media saja tetapi bisa melalui blog, bahkan banyak yang memanfaatkan olshop besar yang menyediakan lapak untuk para UMKM seperti Tokopedia, Bukalapak, Kaskus dan banyak lapak lapak lainnya.
Advertisement

Trending juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments