Step By Step : Jualan Minyak Atsiri Sebagai Produk Online di E-commerce Amazon

Step By Step : Jualan Minyak Atsiri Sebagai Produk Online di E-commerce Amazon

Trendingusaha Blog - Perkembangan pesat online shop akhir akhir ini membuat berbagai usaha kecil semakin bergeliat. dengan hanya membutuhkan lapak online, semua orang bisa berjualan dengan gampang tak perlu lokasi usaha, waktu jualan bisa disesuaikan sendiri bahkan hal hal lain yang sering kali membutuhkan cost tambahan juga bisa di minimalisir. Beragam produk yang dijual secara online dengan sasaran pembeli luar negeri juga semakin menjadi tren di zaman globalisasi ini. Oleh karena itu para pelaku usaha akan lebih mendapatkan penghasilan maksimal jika produk yang dijual orentasinya pembeli terutama yang berasal dari negara negara premium seperti Amerika dan negara negara Eropa. Bukan tidak mungkin saat ini bisa kita wujudkan asalkan selalu konsisten dan pantang menyerah.
Step By Step : Jualan Minyak Atsiri Sebagai Produk Online di E-commerce Amazon


Salah satu produk  usaha rumahan yang bisa dengan mudah dijual sebagai peluang usaha jaman now adalah minyak esensial atau essential oil seperti minyak atsiri. Minyak atsiri atau dikenal juga sebagai minyak eterik (aetheric oil), minyak esensial (essential oil), minyak terbang (volatile oil), serta minyak aromatik (aromatic oil), adalah kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas. Minyak atsiri merupakan bahan dasar dari wangi-wangian atau minyak gosok (untuk pengobatan) alami. Di dalam perdagangan, hasil sulingan (destilasi) minyak atsiri dikenal sebagai bibit minyak wangi. Di luar negeri jenis minyak nabati hasil penyulingan dari tumbuhan tumbuhan tropis sangat diminati. Salah satu bukti sederhana adalah saat saya mereview manfaat essential oil di blog bahasa inggris saya seperti minyak dari ekstrak daun sirih, Minyak adas (fennel/foeniculi oil), Minyak cendana sandalwood oil), Minyak bunga cengkeh (eugenol oil) dan minyak daun cengkeh,(leaf clove oil), minyak kayu putih (cajuput oil), minyak bunga kenanga (ylang-ylang oil), minyak lawang, minyak mawar, minyak nilam, minyak serai dan bermacam lainnya, mereka sering bertanya dimana saya bisa membelinya.

Dalam hal produksi lebih baik buat usaha skala rumahan agar tidak terlalu membutuhkan biaya investasi yang besar. Jika Anda punya lahan bisa memulai dengan menanam sirih atau serai. karena kedua tanaman ini tidak sulit ditanam, tidak membutuhkan lahan yang luas dan tidak membutuhkan perawatan yang intensif. Selain itu peralatan penyulingan atau destilasi dari daun sirih atau batang serai sepertinya bisa dibuat sendiri. Saya mengambil beberapa contoh video di youtube yang bisa menginspirasi Anda untuk membuat, salah satunya adalah video diatas.

 
Sepertinya mesin distilasi bisa dimodifikasi dari presto dan pipa tembaga dari mesin kompresor atau kulkas untuk pendinginnya. Saya tidak terlalu mengeksplore lebih jauh tentang jenis alat ini karena saat ini para siswa SMK juga telah banyak berkreasi untuk membuat alat penyulingan minyak dari bahan bahan bekas pakai, Anda bisa mencarinya dari video video youtube yang diunggah di akunnya.

Tahap selanjutnya yang harus Anda rencanakan adalah membuka toko online berskala internasional. Ada 2 cara yang bisa dilakukan diantaranya membuat blog berbahasa inggris dan membuka toko online di Amazon. Amazon adalah toko online dengan nama Amazon.com, Inc.merupakan situs perdagangan retail terbesar di dunia, yang memulai roda usahanya dengan hanya menjual buku secara online namun sekarang menjamah keberbagai hal mulai dari DVD, pakaian, hingga web hosting CDN (Content Delivery Networks) dan ratusan ribu produk lainnya. Didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994 dan di online-kan pada juni 1995. Jeff Bezos menulis sendiri bussiness plan / rencana bisnis perusahaan impiannya ini dan memilih seattle sebagai tempat memulai usaha karena lebih mudah untuk mencari staff IT pada masa itu. saat ini Amazon  mempekerjakan 56200 pekerja dan sekitar 50000 pekerja untuk menangani transaksi di saat sibuk seperti Cyber Monday atau Black Friday. Pada saat Black Friday tahun lalu, amazon menjual lebih dari 200 item per detik. 

Jika ingin menjual produk online dari blog, tentu Anda akan membutuhkan waktu mulai dari desain blog, menentukan domain, hosting, membuat landing page, konten dan optimasi offpage maupun onpage, cara ini tentu akan membutuhkan waktu walaupun banyak blogger yang memanfatkannya sekaligus untuk afiliasi produk produk di Amazon. Cara kedua adalah membuka toko online di Amazon. Nah, cara ini yang bisa Anda lakukan. Sebelum menentukan kepustusan menjadi penjual di Amazon Anda harus membuat akun Individu atau Profesional. Jika barang yang akan Anda jual adalah dibawah 40 item, Anda bisa membuat toko Individu, namun jika ingin menjual produk lebih dari 40 item, Anda harus membuat akun profesional. Perbedaannya akun Individu dikenakan biaya $0,99 per item yang dijual sedangkan akun profesional dikenakan biaya $39,99 perbulan. 

Untuk membuka toko di Amazon berikut caranya :

  • Kunjungi Link : Service Amazon
  • Pilih Jenis akunnya
  • Isi legal name, nama perusahaan dan nama toko
  • Untuk informasi pembayaran isi dengan kartu kredit. save and Continue
  • Isi display name dengan nama toko dan alamat
  • Verifikasi akun yang dibut melalui no. telpon atau SMS
  • Jika akun Anda seperti ini, berarti sudah siap untuk memulai berjualan :


Step By Step : Jualan Minyak Atsiri Sebagai Produk Online di E-commerce Amazon

Jika Anda kurang fasih untuk melayani pelanggan dengan telepon, aktifkan layanan memalui no. WA. 

Langkah selanjutnya adalah menentukan kurir berskala internasional., Anda bisa pilih DHL atau TNT walaupun biaya kirim termasuk mahal namun layanannya cepat dan lebih memuaskan. 

Mengembangkan usaha melalui toko online internasional sesungguhnya menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan jika Anda pandai pandai memilih produk yang laris dijual. Selain produk minyak atsiri , silahkan untuk mengeksplore produk produk lainnya untuk dijual di luar negeri . Demikian dan semoga bisa menginspirasi Anda untuk menambah pundi pundi penghasilan keluarga.

Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------