Mengenal Konsultan Bisnis


Konsultan bisnis adalah seorang ahli professional yang berhubungan dengan bisnis. Konsultan Bisnis ini sangat berperan dalam kemajuan sebuah perusahaan, baik perusahaan besar maupun kecil. Mengapa kita butuh konsultan bisnis...? Menjalankan bisnis bukanlah sesederhana berdagang, di mana hanya memproduksi dan menjual semua produk. Namun banyak hal yang mendukung kelancaran sebuah bisnis. Menjalankan sebuah bisnis membutuhkan sebuah perencanaan, strategi, dan langkah yang tepat.Untuk itulah, seorang konsultan bisnis sangat dibutuhkan untuk membantu menyusun semua perencanaan dan strategi yang tepat. 

Apa saja yang didapat...? Relatif, bisa berbeda-beda tiap konsultan bisnis.Tapi rata-rata yang dilakukan oleh seorang konsultan bisnis ada 10 item, diantaranya : 
1. Membantu klien dalam menyusun perencanaan memulai bisnis. 
2. Membantu klien dalam membuat rancangan proses bisnis yang akan dijalankan. 
3. Membantu klien dalam membuat perencanaan keuangan selama tiga tahun kedepan 
4. Membantu klien dalam membuat sistem pengendalian intern yang meliputi pembuatan SOP, formulir-formulir, dan sistem pelaporan baik yang berhubungan dengan operasional maupun keuangan, serta memberikan pandangan apakah diperlukan tenaga SDM tambahan atau tidak. 
5. Memberikan saran kepada klien terkait kendala-kendala yang dihadapi dalam menjalankan proses bisnisnya. 
6. Membantu klien dalam merumuskan harga jual produk/jasa kepada konsumen. 
7. Memberikan arahan kepada klien terkait etika bisnis. 
8. Memberikan arahan kepada klien terkait sistem promosi dan penjualan. 
9. Membantu klien untuk melakukan pencatatan keuangan dan administrasi secara rapi dan tersusun termasuk didalamnya pelaporan keuangan kepada manajemen dan pelaporan pajak sesuai peraturan yang berlaku. 
10. Membantu klien dalam memberikan arahan pembuatan marketing kit, promotion tools, dan kebutuhan marketing lainnya.
Bonus : Biasanya seorang konsultan bisnis mempunyai jaringan yang luas, dan kita semua tau bahwa nyawanya bisnis itu adalah jaringan. Artinyaa...dengan memakai jasa konsultan bisnis, sangat bisa terjadi jaringan kita akan langsung berlipat ganda, yang artinyaa...insha Allah akan berdampak signifikan terhadap pertumbuhan bisnis kita.
Mahalkah...? Hmmm.....ini juga relatif. Tapii...biasanya siih...biaya trial eror jauuuuh lebih besar daripada biaya jasa konsultan bisnis ini. Belum lagi ditambah stress sendiri menghadapai keruwetannya. Kalau buatku pribadi, biaya jasa konsultan adalah investasi berharga yang menguntungkan, karena di samping menekan pengeluaran yang tidak perlu, juga sangat membantu meningkatkan produktivitas usaha. Jadi sangat cepat bisa balik modalnya. Tertarik untuk mulai mempertimbangkan jasa konsultan untuk memajukan bisnis Anda..?

DAFTARKAN EMAIL ANDA DIBAWAH INI

0 Response to "Mengenal Konsultan Bisnis"

Post a Comment