4 Cara Menghemat Uang Gaji Kecil

Menghemat uang gaji kecil adalah salah satu usaha agar bisa menyeimbangkan pendapatan perbulan dengan pengeluaran. Sebagai patokan gaji kecil disini adalah upah minimum daerah masing masing. Menghemat uang gaji kecil bukan berarti pelit. Namun membelanjakan penghasilan yang ada dengan bijak, memmentingkan yang lebih penting adalah kuncinya.


4 tips ini adalah cara bagaimana anda bisa menghemat dengan penghasilan pas pasan :
  1. Data dan petakan kebutuhan Anda dengan cermat dan detilLakukan penyusunan budget secara detail untuk membelanjakan penghasilan yang didapat. Sebelum tuntas jangan membuat keputusan apa pun . Menurut Lawrence, segera setelah menyadari kewajibannya, suami-istri bisa mengkalkulasi daftar kebutuhan yang ada dan menentukan apa yang harus dikurangi dan mana yang harus didulukan. Misalnya, berlangganan dua majalah sebulan atau menggunting semua kartu kredit Anda untuk menghindari keinginan berbelanja. Evaluasi kembali pengeluaran tetap seperti tagihan telepon, tagihan internet, atau TV berbayar.
  2. Kurangi pengeluaran rutin dengan jumlah besarHanya mengurangi kebiasaan Anda merokok misalnya atau minum kopi di gerai kopi premium tidak akan mampu menebus hilangnya satu sumber penghasilan. Memotong pengeluaran Anda untuk perawatan rumah, atau kebutuhan bulanan lain akan lebih menyisakan ruang di dalam budget Anda. Hal ini tidak mudah memang. Oleh karena itu, Anda harus cermat melihat pengeluaran apa yang bisa dikurangi. Mencuci sepeda motor, misalnya, tak perlu lagi membawanya ke tempat doorsmer. Bisa mencucinya sendiri di rumah. Anda juga bisa memanfaatkan apa yang ada untuk menambah penghasilan. Bila ada kamar kosong di rumah, misalnya, Anda bisa menyewakannya untuk kos.
  3. Selamat tinggal gaya hidup : pikirkan dan fokus pada pemenuhan kebutuhan pokok saja dan tinggalkan pemenuhan gaya hidup. Anda bisa membicarakan hal ini dengan teman-teman Anda dan mengatakan bahwa sekarang Anda tidak bisa sering-sering makan di restoran atau melakukan kegiatan bersama karena memilih untuk hidup lebih hemat.
  4. Jangan menghemat terlalu banyak :Anda memang harus berhemat, tetapi jangan terjebak menghilangkan tabungan jangka panjang. Menurut Gilbert, tabungan pensiun itu tidak langsung terlihat sehingga banyak pasangan yang terdorong untuk memotongnya.
. Penuhi kebutuhan Anda secukupnya. Sebaliknya, bila makan di luar itu menjadi cara untuk memperluas jaringan, tak ada salahnya Anda memotong pengeluaran yang lain lebih dulu. Demikian cara menghemat uang gaji kecil yang Anda dapatkan setiap bulan.


DAFTARKAN EMAIL ANDA DIBAWAH INI

0 Response to "4 Cara Menghemat Uang Gaji Kecil"

Post a Comment