10 Tips Mempertimbangkan Lokasi Usaha Paling Menguntungkan

10 Tips Mempertimbangkan Lokasi Usaha Paling Menguntungkan

Trendingusaha | Memilih tempat usaha yang strategis dan menguntungkan dapat kita lakukan secara mudah sebelum memulai sebuah usaha. Ketika anda memutuskan untuk membuka tempat usaha baru, baik yang baru dirintis maupun membuka cabang, sepatutnya anda melakukan survei tempat dahulu. Survei calon tempat usaha diperlukan agar anda dapat menilai apakah tempat tersebut sesuai dengan kebutuhan anda.

Tidak hanya itu, anda juga baru mengetahui apakah calon tempat usaha itu strategis atau tidak. Lokasi yang strategis tentu akan mendorong kemajuan usaha anda serta membuatnya bertahan lama.

1. Sesuaikan dengan jenis usaha

Usaha kuliner, percetakan, binatu atau elektronik tidak bisa dianggap sama karena pengoperasiannya berbeda-beda. Usaha showroom mobil membutuhkan gedung yang luas serta berada di dekat jalan raya yang sering dilewati pengendara mobil. Sementara sebuah usaha fotokopi tidak membutuhkan ruang yang terlalu besar untuk dapat beroperasi.

Pastikan tempat usaha yang anda pilih dapat mengakomodir keperluan anda seperti ruang kantor, tempat penyimpanan/gudang, region penjualan. Jika kebetulan anda memuka usaha toko mainan anak di bangunan bekas toko roti, anda bisa mengakali interiornya dengan memasang wallpaper yang selaras dengan tema usaha anda. Fungsi wallpaper salah satunya menghias ruang bangunan usaha anda.

2.  Tentukan target pasar

Setiap usaha memiliki segmentasi pasar masing-masing. Segmentasi pasar yang menjadi calon konsumen usaha anda berperan penting dalam menemukan lokasi tempat usaha yang strategis. Usaha tour & tour akan membidik para wisatawan, oleh karena itu usaha ini akan strategis jika berada di kawasan wisata yang ramai akan wisatawan baik domestic maupun mancanegara. Ada pula usaha minuman seperti milkshake  yang digemari anak-anak lebih baik diletakkan di daerah dekat sekolah atau tempat kursus.


3. Perhatikan kompetitor setempat

Jika anda baru merintis sebuah usaha, alangkah lebih baik jika memilih lokasi dimana belum ada atau belum banyak usaha yang sama dengan anda. Menjadi pelopor sebuah usaha di suatu lokasi akan lebih menguntungkan karena belum adanya kompetitor lain. Namun jika anda sudah memutuskan untuk membuka tempat usaha yang berada di dekat kompetitor, jadikanlah hal tersebut sebagai tantangan untuk membuat usaha anda lebih atraktif dibandingkan para kompetitor setempat.

Untuk menjadikan usaha anda atraktif, bisa dilakukan promo potongan harga, mengedepankan pelayanan maupun dengan mendekorasi bangunan fisik semenarik mungkin. Selain itu, jangan sampai tempat bisnis anda memiliki hal-hal yang dapat menjatuhkan nilai jual dibanding kompetitor lain. Hal tersebut misalnya jika tempat bisnis anda terdapat kecoa (baca: penyebab banyak kecoa) ataupun semut (baca: penyebab banyak semut dan cara mengatasinya)

4. Ketahui sejarah lokasi

Sebelum memutuskan untuk membuka usaha di suatu lokasi, anda harus mengetahui latar belakang atau sejarah bangunannya terutama jika bangunan tersebut telah lama berdiri. Pastikan bangunan atau lokasi yang anda pilih tidak memiliki latar belakang yang dapat mengurangi citra usaha anda di mata pelanggan. Contohnya membuka usaha penginapan di bangunan yang dikenal angker akan membuat pelanggan enggan datang. (baca : ciri-ciri rumah yang ada jin nya)

Jangan sampai bangunan usaha anda memiliki ciri rumah yang ada jin-nya sehingga perlu untuk dibersihkan dari energi negatif (baca:  cara membersihkan rumah dari energi negatif). Tanyakan mengenai usaha apa saja yang sebelumnya menempati bangunan tersebut. Jika sebelumnya ada beberapa usaha yang tutup berturut-turut anda perlu menanyakan sebabnya, apakah karena faktor bangunan/lokasi atau faktor dari manajemen tempat usaha itu sendiri. Sebelum membeli rumah untuk dijadikan tempat bisnis, periksa dahulu pointers membeli rumah bekas dan baru.

 5. Periksa kondisi infrastruktur bangunan

Sebuah tempat usaha disebut strategis bukan hanya dilihat dari lokasinya namun juga segi infrastruktur bangunannya. Periksalah jika ada bagian bangunan yang bocor karena dapat membahayakan usaha anda. Carilah penyebab atap yang bocor dan bagaimana mengatasinya. Disamping itu, pastikan tempat usaha anda memiliki sirkulasi udara yang baik dengan ventilasi yang cukup karenafungsi ventilasi rumah memiliki fungsi bagi kesehatan dan penghuninya.

Sirkulasi udara yang buruk dapat menyebabkan dinding menjadi lembab. Kalau sudah lembab, ada cara mengatasi dinding tembok lembab dan berjamur agar tidak mengganggu kegiatan usaha anda. Salah satunya yaitu dengan cara menggunakan cat tembok anti lembab dan jamur. Jika anda menempati bangunan tua, cek apakah bangunan tersebut memerlukan renovasi sebelum dijadikan tempat usaha. Terkadang ada pula bangunan yang tidak mendukung untuk dipasangi peralatan-peralatan berteknologi tinggi, seperti pendingin ruangan dikarenakan memiliki bagian dinding yang sudah retak dan tembok retak akan membahayakan usaha anda

6. Lahan parkir

Ketersediaan lahan parkir sangatlah penting terutama bagi tempat usaha yang berada di kawasan ramai. Usaha inn atau penginapan tentu membutuhkan lahan parkir yang luas sehingga dapat mengakomodir seluruh tamunya. Sementara bisnis kebab dengan konsep take-away akan membutuhkan lahan parkir yang relatif kecil karena pelanggan tidak akan berlama-lama disana. Untuk bisnis yang lebih besar, alur keluar masuknya kendaraan harus diatur sedemikian rupa agar tidak mengganggu lalu lalang pengunjung.

Apalagi jika tempat bisnis anda kerap didatangi supplier yang memasok kebutuhan usaha anda, pastikan lahan parkir memadai untuk mengakomodir baik dealer, pegawai maupun pelanggan. Jika calon pelanggan anda didominasi mobil atau bus, perhatikan juga apakah lahan yang ada cukup untuk kendaraan dapat memutar balik. Bilamana lahan tidak memadai, mungkin anda harus mempertimbangkan untuk membeli tanah di sekitar tempat usaha anda

 7. Cek tingkat kriminalitas/premanisme

Anda harus mengetahui apakah kawasan tempat usaha anda cukup kondusif dan mendukung kelangsungan usaha yang dijalankan. Terutama jika usaha anda berjalan selama 24 jam, pastikan lokasi sekitar usaha anda aman ketika malam agar para pelanggan pun tidak ragu untuk mendatangi tempat usaha anda. Periksa tingkat kriminalitas setempat untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan yang bisa mengancam tempat bisnis anda (baca: cara mencegah rumah kemalingan). Akan lebih baik jika tempat usaha berada tidak jauh dari kantor polisi atau anda dapat menempatkan petugas keamanan tersendiri.

8. Terjangkau oleh pelanggan

Ketika akan menentukan lokasi yang strategis untuk dijadikan tempat usaha, anda harus memastikan tempat tersebut dapat dijangkau oleh pelanggan. Baik pelanggan yang menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan transportasi umum. Lokasi yang mudah dijangkau tentu akan menarik lebih banyak pelanggan, apalagi yang dilewati banyak transportasi umum. Kalaupun anda mendapatkan lokasi yang kurang mudah dijangkau, siasati dengan memasang iklan sebanyak mungkin untuk mengenalkan lokasi usaha anda ke khayalak umum,

Hal lain yang harus diperhatikan dalam memilih tempat usaha yang strategis adalah ketersediaan listrik dan air. Anda tentu tidak ingin kegiatan usaha anda tersendat diakibatkan oleh mati listrik atau air yang tidak jernih. Ketersediaan listrik dan air harus dapat mencukupi kegiatan usaha anda. Jika anda banyak menggunakan barang elektronik seperti pendingin ruangan, laptop atau kulkas, cek apakah tegangan listriknya menyanggupi. Untuk usaha binatu misalnya, pastikan saluran air-nya lancar dan bersih agar tidak menggangu proses pencucian.

9. Jarak dengan tempat tinggal

Jarak antara tempat usaha dengan tempat tinggal anda juga dapat menjadi pertimbangan sebelum memilih tempat usaha yang strategis. Pilihlah tempat usaha yang berlokasi tidak jauh dari kediaman anda agar anda dapat selalu memantau jalannya bisnis tersebut. Lokasi tempat bisnis yang terlampau jauh juga akan membuat waktu anda terbuang di perjalanan serta biaya transportasi yang dikeluarkan juga lebih banyak ketimbang jika memiliki tempat usaha yang berada dekat tempat tinggal anda.

10. Hal hal lain

Selain kesembilan hal diatas beberapa pertimbangan ini juga berpengaruh besar untuk keberhasilan usaha anda seperti apakah banyak orang lalu lalang di sekitar tempat tersebut, cek kemungkinan pembangunan sekitar wilayah tersebut, cek kondisi ekonomi di sekitar wilayah tersebut, cek kompetitor, cek kemudahan akses warga, cek keadaan sekitar tempat usaha anda, hindari memilih tempat usaha di sekitar tempat yang kumuh.
BACA JUGA : Trik Pemasaran Ala Wall's Es Krim
Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------