Tips Mengelola Jasa Cleaning Service Kebersihan Gedung



Membuka peluang usaha jasa kebersihan gedung adalah bisa menjadi peluang besar untuk memperoleh pendapatan dan keuntungan. Kenapa ?  Bergelut dibidang jasa kebersihan Cuma satu yang dituntut yaitu bersih, sesuai standar yang diinginkan oleh pemilik gedung. Untuk meyakinkan client atau mitra usaha sobat harus mempunyai usaha jasa yang berbadan hukum, semacam CV tujuannya adalah menjalin kepercayaan.

Yang harus sobat lakukan sebagai seorang pemilik atau manager usaha kebersihan (cleaning service) gedung adalah mencari mitra pemilik gedung dan meyakinkannya agar sobat punya ladang usaha. Paling tidak sobat bisa melakukan negosiasi harga perbulan untuk jasa kebersihan gedung. Setelah menentukan titik temu harga yang disepakati, sobat langsung membuat kontrak kerja tentang poin poin kerja dalam jasa kebersihan yang akan sobat lakukan.

Setelah itu mulailah mengkalkulasi pengeluarannya. Sobat harus menentukan berapa jumlah petugas kebersihan yang harus direkrut dan berapa gaji perbulan yang harus sobat tentukan. Tentu harus sesuai dengan UMR daerah sobat. Setelah itu membeli peralatan kebersihan dan keamanan. Biasanya untuk safety seperti alat untuk membersihkan kaca luar gedung , sudah disediakan oleh pemilik gedung, sobat hanya membeli peralatan kebersihannya saja.

Jika sobat masih pemain baru dalam usaha cleaning service gedung, pilihlah gedung yang tidak terlalu besar seperti plaza atau hotel bertingkat. Pilihlah jasa cleaning service seperti bank, atau gedung gedung pertemuan yang tidak terlalu tinggi. Mengapa ? pekerjaan yang sangat penuh resiko bagi pekerja adalah membersihkan jendela kaca gedung bertingkat dari luar. Dan biasanya pemilik gedung hanya menginginkan jasa membersihkan kaca ini saja untuk kebersihan lainnya pemilik gedung tetap menggunakan karyawan sendiri. Jika ini terjadi sobat harus punya cara untuk mempercayakan semua penanganan kebersihan oleh sobat. Tetapi jika sobat tidak berhasih, bisa sobat lakukan oleh pihak ketiga atau sobat bisa memulai menekuni khusus jasa kebersihan kaca gedung tetapi sekali lagi tingkat resikonya harus masuk dalam negosiasi harga.

Demikian tips kali ini semoga bermanfaat

2 Responses to "Tips Mengelola Jasa Cleaning Service Kebersihan Gedung"