Medan Utara ,Sentra Produksi Sayur Kota Medan Omzet 600 Juta Setiap Hari



Medan Utara Adalah meliputi 3 Kecamatan yaitu Medan Marelan, Medan Labuhan dan Medan Belawan. Ketiga kecamatan ini berada dipesisir utara kota Medan , selalin sebagai kecamatan yang selalu identik dengan laut, Medan Utara ternyata mempunyai sentra produksi hasil pertanian yaitu sayuran seperti kangkung, bayam, timun, dan sayuran daun maupun sayuran buah dataran rendah lainnya. Sentra ini berada di sepanjang jalan Rahmat Buddin Kelurahan Terjun Kec. Medan Marelan. Para petani dan tengkulak, dan pembeli dari berbagai sudut kota medan seperti Deliserdang, Binjai dan pedagang sayur dari Pasar Sambu Medan, serta pedagang lokal yang akan menjual sayur-mayur itu kembali kepada konsumen pada pagi harinya. Setiap sore dari mulai jam 3 saling bertemu untuk melakukan transaksi jual beli di tempat ini.Tak ayal, sepanjang jalan ini selalu macet oleh para pedagang dan pembeli yang lalu lalang melakukan kegiatannya masing masing.
Petani sayuran ini berasal dari seputaran Medan Marelan, Medan Labuhan dan Kecamatan Hamparan Perak yang dari hasil pertaniannya bisa memasok sayur sayuran dataran rendak ke sejumlah pasar tradisional Kota Medan.

Dari sentra ini tentu bisa mendongkrak pendapatan petani sayuran dan bisa mengurangi tingkat pengangguran. Namun semakin berkurangnya lahan pertanian yang dimiliki petani membuat usaha ini menjadi tantangan tersendiri ditambah dengan cuaca yang sangat ekstrim baik curah hujan yang tinggi dan hama sayuran yang menyerang, membuat para petani harus bekerja keras untuk menghasilkan sayuran yang mempunyai nilai jual tinggi .

Kecamatan Medan Marelan merupakan sentral penjualan sayur mayur di kawasan Medan Utara. Separuh masyarakat Kota Medan membutuhkan sayur yang berasal dari kawasan utara Kota Medan tersebut, sedikitnya 20 ton berbagai jenis sayur setiap sore terjual dengan omzet mencapai Rp 600 juta. Pembina Himpunan KerukunanTani Indonesia (HKTI) Medan Marelan, Marelan merupakan kecamatan di Kota Medan yang menjadi sentra produksi sayur dengan luas lahan pertanian 174 ha.

Hasil pertanian berupa sayur-mayur, seperti kangkung, sawi, bayam, buah gori, kacang panjang, terung, melinjo, timun, gambas, daun ubi setiap hari dipanen petani di sana yang kemudian pada sore harinya dijual di Pasar Hortikultura Jalan Rahmad Buddin Marelan. Ada sekitar 100 petani yang bertransaksi di Jalan Rahmad Budin hingga Jalan Marelan Raya Kelurahan Rengas Pulau setiap sore dengan uang yang berputar Rp 600 juta.

Transaksi sayur di pasar tersebut berlangsung sangat tradisional, di mana petani yang menjual hasil tanamannya langsung mendapat uang kontan dari pedagang. Menurut Ketua Bidang Kesehatan dan Kebersihan LPM Rengas Pulau, Sukino, kegiatan dagang di lokasi itu sudah berlangsung sejak puluhan tahun silam.

Selain pedagang dari Medan Marelan yang langsung menjual hasil pertaniannya, juga ada sejumlah petani dari Hamparan Perak, Labuhandeli, Percut Seituan, Deliserdang. Bahkan ada juga petani dari Stabat, Langkat yang sengaja membawa hasil pertaniannya ke Marelan, mengingat potensi Pasar Hortikultura tersebut selalu saja ramai para pedagang dan petani bertransaksi.

Saat ini pasar sayur tersebut dikelola oleh LPM Rengas Pulau guna mengatur arus lalu lintas dan kebersihan lokasi pasar yang hanya puluhan meter dari kantor Lurah Rengas Pulau. Peran LPM sengaja dilibatkan sebagai uapaya pemberdayaan masyarakat sekitar dalam menjaga ketertiban dan kebersihan lingkungan pasar.

Sarkawi, petani bayam yang menjual hasil pertaniaan di Pasar Hortikultura Marelan kepada MedanBisnis mengatakan setiap sore dia memasok 15 bal sawi. Setiap bal seberat 10 Kg yang dijual antara 30 hingga 35 ribu. "Harga bayam saat ini masih stabil bila dibandingkan pada bulan lalu yang sempat naik Rp 50 ribu per bal," ujar warga Kelurahan Terjun tersebut.

Sedangkan Paimin yang mengaku bertani sayur sudah lebih 35 tahun di Medan Marelan, berharap Pemko Medan dapat membangun pasar sayur mayur secara permanen di Medan Marelan. "Dengan adanya pasar permanen, petani sayur akan mudah menjual hasil panen," kata warga Kelurahan Rengas Pulau tersebut. 

Sumber : Medan Bisnis

3 Responses to "Medan Utara ,Sentra Produksi Sayur Kota Medan Omzet 600 Juta Setiap Hari"

  1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah
    BUKA PESUGIHAN PUTIH TAMPA TUMBAL

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan PAK H.JOYO RATMO, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi PAK H.JOYO RATMO
    kata Pak.H.JOYO RATMO pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi PAK H.Di Tlp 0852-4247-4478
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi PAK H.JOYO RATMO akan di bantu Oleh Beliau ANDAH KURAN PERCAYA ATAU KLIK http://duniagaibnyata.logdown.com/posts/1901108-dana-gaib-di-dunia-nyata

    ReplyDelete
  3. RESTORASI KEUANGAN: fundingloanplc@yahoo.com

    Halo Nathan Davidson seorang pebisnis yang bisa menghidupkan kembali bisnisnya yang sekarat melalui bantuan pemberi pinjaman dari Tuhan yang dikenal sebagai Jason Raymond CEO FUNDING CIRCLE INC. Amun di 1542 Main St, Buffalo, NY. Baiklah Anda mencoba untuk memulai Bisnis, melunasi hutang Anda, memperluas yang sudah ada, membutuhkan uang untuk membeli persediaan. Apakah Anda pernah memiliki masalah dalam mencoba untuk mendapatkan Fasilitas Kredit yang Baik, saya ingin Anda tahu bahwa FUNDING CIRCLE INC adalah tempat yang tepat bagi Anda untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda karena saya adalah kesaksian yang hidup dan saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya sendiri. Ketika orang lain mencari cara untuk diangkat secara finansial .. Saya ingin Anda semua menghubungi kreditur Godsent ini dengan menggunakan rincian seperti yang dinyatakan lain untuk menjadi bagian dari peluang besar ini Email: fundingloanplc@yahoo.com ATAU Panggil / Teks +14067326622


    ReplyDelete