Rempeyek Rebon , Mudah Membuatnya Peluang Menjanjikan

Rempeyek Rebon , Mudah Membuatnya Peluang Menjanjikan

Sobat trendingusaha tahu yang namanya rebon. Rebon adalah udang kecil kecil salah satu famili Penaeidae, fenus Penaeus. Kulitnya agak keras, tetapi tidak kaku. Tanda istimewanya adalah pada badan terdapat ban ungu-hitam dan pada masing-masing ruas terdapat dua ban. Warna tersebut jelas sekali terlihat pada udang yang masih hidup.

Kaki pada udang rebon umumnya berwarna merah, memiliki ukuran panjang badan mencapai 35 cm dan umumnya berukuran 20-25 cm. Nama Latin mysis sedangkan nama internasionalnya adalah trasi shrimp.

Rebon dikeringkan sehingga bentuknya mirip udang kecil segar. Hanya saja, dalam bentuk kuning kecokelatan dan kering. Rebon juga bisa dijadikan campuran tumisan sayur atau perkedel atau dibuat rempeyek dan sambal.

Dalam membuat rempeyek rebon tidak berbeda dengan membuat rempeyek pada umumnya. Namun aroma khas udang rebon yang ditimbulkan akan menambah nikmatnya rempeyek yang sobat buat.

Jika sobat ingin bergelut dibidang perempeyekan, rempeyek rebon perlu menjadi rekomendasi untuk menjadi barang dagangan. Bisa sobat jual perbungkus plastik Rp 1000,- atau di letakkan di stoples dan bisa dititip di rumah makan atau di restoran. Bisa juga sobat buta menjadi oleh oleh khas dan nitip di toko khas penjual oleh oleh.

Disini tentu sobat harus pandai pandai mengoalah respnya, tetapi jangan khawatir , saya akan bagi resep membuat rempeyek rebon kari khas kesukaan saya silahkan dicoba smoga menjadi usaha yang sukses, Insya Allah.

Bahan-bahan/ Bumbu-bumbu:
50 gram rebon
175 gram tepung beras
50 gram tepung sagu
300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 butir telur, kocok lepas
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh kari bubuk

Bumbu Halus:
4 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar
2 cm kunyit

Cara Membuat Rempeyek Rebon Kari:
  1. Aduk tepung beras, tepung sagu, santan, telur, garam, kari bubuk, dan bumbu halus.
  2. Ambil satu sendok sayur adonan tepung. Tambahkan rebon. 
  3. Tuang di pinggir wajan.
  4. Siram-siram dengan minyak panas. Sampai lepas. Goreng hingga kering dan renyah. 
Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------