Dalam menyusun strategi promosi, kreativitas memang sangat dibutuhkan
untuk menarik minat konsumen. Teori inilah yang kemudian mengantarkan
produk es krim Wall’s berhasil diterima pasar dengan baik dan menjadi market leader (pemimpin pasar) sebagai produsen es krim yang melegenda di berbagai belahan dunia.
Keberhasilan es krim Wall’s dalam menggaet banyak konsumen tentunya
tidak terlepas dari strategi pemasaran yang mereka jalankan. Bahkan, tak
hanya berhasil membuat konsumen penasaran, kualitas dan pelayanan yang
diberikan kepada setiap konsumen juga turut meningkatkan loyalitas
pelanggannya. Tidaklah heran bila sekarang ini produk Wall’s menjadi
salah satu merek es krim yang banyak dicintai para konsumen.
Nah, untuk membantu kamu yang ingin sukses memasarkan produk unggulan
di kancah dunia. Berikut kami informasikan beberapa trik promosi
jitu ala es krim Wall’s yang bisa juga kamu terapkan dari sekarang.
1. Memanjakan konsumen sesuai kebutuhan
Sebagai produsen es krim Wall’s, ternyata PT. Unilever Tbk bisa
memanjakan para konsumennya sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini bisa
kita lihat dari banyaknya varian rasa es krim yang ditawarkan, kisaran
harga yang beragam mulai dari ribuan rupiah hingga puluhan ribu rupiah,
bahkan sampai sengaja meluncurkan bermacam-macam ukuran untuk memenuhi
kebutuhan konsumen individu maupun kemasan besar untuk membidik konsumen
keluarga.
2. Membangun loyalitas konsumen dengan berbagai macam hadiah
Jeli dalam melihat peluang dan cerdas dalam menentukan strategi
pemasaran. Inilah yang menjadikan produk es krim Wall’s dicintai para
konsumennya. Meskipun pada umumnya produk Wall’s bisa dinikmati semua
kalangan masyarakat, namun untuk menjaga loyalitas konsumen
yang notabene sebagian besar anak-anak. PT. Unilever Tbk sengaja
menawarkan beragam jenis hadiah langsung bagi para konsumen yang membeli
es krim walls produk tertentu dan dalam jumlah pembelian tertentu.
Strategi promosi ini bisa kita lihat dari program bagi-bagi hadiah
Wall’s dengan mengumpulkan stick es krim khusus produk Paddle Pop.
3. Memancing rasa penasaran konsumen
Tentu kita masih ingat sensasi iklan Magnum (salah satu produk
unggulan es krim Wall’s) yang beberapa waktu lalu menjadi perbincangan
hangat para konsumen karena keberadaannya sangat sulit ditemukan di
pasaran. Awalnya Magnum hanyalah produk varian dari Wall’s yang
ditujukan untuk segmen pasar orang dewasa, namun berkat iklan media
elektronik (televisi) yang dikonsep secara eksklusif, banyak konsumen
yang mulai penasaran mencicipi produk tersebut. Dari sinilah produsen
Wall’s mulai membranding ulang Magnum, dan dengan sengaja menarik Magnum
dari peredaran ketika popularitasnya berada di atas puncak. Keputusan
ini tentunya sengaja mereka pilih, karena rasa penasaran konsumen cukup
mendukung jalannya strategi pemasaran word of mouth (dari mulut ke mulut).
4. Mengusung konsep baru untuk membranding ulang produk lama
Bila pelaku bisnis lainnya memilih membuat produk baru untuk
mendatangkan banyak konsumen. Maka lain halnya dengan produsen es krim
Wall’s yang lebih mengusung konsep unik untuk membranding ulang produk
lama. Strategi seperti ini bisa kita lihat dari konsep unik Magnum Cafe
yang beberapa waktu lalu dibuka di kota-kota besar seperti Bandung dan
Jakarta, dimana sang produsen sengaja mengangkat kembali brand Magnum
yang biasanya dihargai Rp 11.000,00 per bungkus, menjadi lebih eksklusif
setelah dikreasikan dalam varian menu baru yang harga jualnya bisa
menjangkau Rp 35.000,00 per porsi di Magnum Cafe.
5. Melakukan pendekatan melalui layanan delivery order
Tak mau kalah bersaing dengan pelaku bisnis kuliner lainnya, produsen
es krim Wall’s kini mulai meluncurkan layanan delivery order untuk
memudahkan para konsumennya. Dengan menghubungi nomor telepon 14080,
kini konsumen dapat memesan sejumlah varian es krim Wall’s tanpa harus
repot-repot keluar rumah. Layanan ini tentunya sangat membantu para
konsumen dan memberikan kenyamanan bagi mereka yang ingin menikmati es
krim Wall’s setiap saat.
Semoga kesuksesan es krim Wall’s dalam memasarkan produk-produknya
ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan membantu para
pelaku usaha yang sedang bingung mengoptimalkan pemasaran produknya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!
Advertisement