Ide usaha ini sebenarnya tidak termasuk baru, namun anda bisa memanfaatkan karena relatif murah dan efektif untuk media promosi iklan. Anda tidak perlu dengan mobil yang banyak, cukup dengan mobil sendiri atau jika tidak punya mobil, bisa sewa space iklan pada mobil angkutan umum atau kendaraan lainnya yang menyediakan iklan.
Setidaknya ada dua anak muda bernama Glorio Yulianto dan Kalvin
Handoko yang sukses menciptakan sebuah inovasi iklan yang mereka namakan Ubiklan.
Ubiklan merupakan inovasi baru dalam dunia periklanan di Indonesia yang
mempertemukan antara pengiklan dan penyedia media iklan dengan
menggunakan mobil sebagai media publikasi. Melalui Ubiklan, perusahaan
dapat memasang stiker iklan di mobil partner Ubiklan yang telah
bergabung.
Bila dibandingkan dengan media iklan lainnya seperti billboard yang statis, inovasi promosi yang
diciptakan Glorio dan Kalvin ini memungkinkan brand yang diiklankan
tersebar lebih luas dan dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Kelebihan Ubiklan, setiap
mobil yang dipasang iklan dilengkapi dengan Global Positioning System (GPS) agar
perusahaan dapat melacak mobilitas iklan mereka. Selain itu, pengiklan
juga bisa menyesuaikan dengan dana iklan mereka. Iklan dengan cara ini juga
jauh lebih murah. Perbandingannya, biaya iklan di sebuah billboard
setara dengan 250 unit mobil.
Di sisi lain, bagi pemilik kendaraan yang menjadi mitra bisnisUbiklan, ini menjadi peluang bisnis
baru, untuk mendapatkan keuntungan sewa iklan.Pembagian keuntungan didasarkan kepada
kompensasi hingga jutaan rupiah per bulan. Partners Ubiklan diberi
kebebasan untuk menerima tawaran iklan sesuai keinginan dan mengendarai
mobil mereka seperti biasa tanpa mengganggu aktivitas sehari-hari.
Mau coba mengembangkan bisnis serupa ? coba sobat jajagi potensi bisnis di wilayah sobat trendingusaha karena peluang bisnis semacam ini terbuka lebar untuk di kembangkan, sebab berdasarkan
statistik, pengeluaran untuk outdoor advertising terus meningkat setiap
tahunnya. Pengeluaran di tahun 2015 sendiri bahkan di atas 300 juta US
dollar. Angka ini menunjukkan bahwa konsumsi outdoor advertising di
Indonesia masih menjadi preferensi di kalangan pebisnis. Karena alasan
inilah, layanan Ubiklan sangat tepat bila diterapkan di Indonesia.
Achilles Radial, Ciputra, Jamba Juice Indonesia, Cermati dan Nanny’s
Pavillon adalah beberapa nama korporasi yang telah mempercayakan
marketing campaign-nya pada Ubiklan. Sejak diperkenalkan kepada publik
awal November 2016 lalu, Ubiklan terus menjalin kerjasama dengan
berbagai perusahaan lainnya. Proyek terbaru adalah bersama
Carmudi.co.id, di mana Ubiklan menyiapkan armada sebanyak 150 unit mobil
untuk memberikan kebutuhan bisnis yang bergerak di bidang jual beli
kendaraan online tersebut.
Untuk mempermudah pengiklan dan partner yang ingin menjadi anggota, Ubiklan
menggunakan aplikasi smartphone berbasis android dan iPhone yang dapat
diunduh secara gratis.
Dilain pihak disisi pemilik mobil, peluang mendapatkan tambahan penghasilan akan semakin terbuka karena hadirnya beberapa startup lokal
yang mengusung konsep serupa.
Advertisement