Berinvestasi Syariah Bebas Riba Dan Maysir, Begini Produknya

Berinvestasi Syariah Bebas Riba Dan Maysir, Begini Produknya

Trendingusaha | Apa Investasi Syariah yang paling menguntungkan saat ini? Investasi Syariah merupakan pilihan terbaik bagi umat muslim yang ingin berinvestasi tanpa perlu khawatir dengan riba.
Investasi menjadi solusi bagi sebagian besar masyarakat untuk menyimpan hartanya dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan dari hasil investasi tersebut. Menginvestasikan harta bisa menjadi tabungan dan meningkatkan kekayaaan dengan cara aman untuk masa depan bagi keluarga Anda.
Umat Islam biasanya merasa ragu untuk melakukan investasi terkait dengan haramnya hukum riba bagi umat muslim. Sebenarnya masyarakat tidak perlu takut dengan kondisi tersebut karena masih ada solusi cara berinvestasi secara halal dengan investasi syariah dan tetap menguntungkan.

Selain itu, keuntungan yang didapat dari hasil investasi terhitung cukup besar. Jadi, tak heran jika saat ini banyak yang tertarik dengan investasi Syariah yang paling menguntungkan.
  1. Investasi Tanah

Kita ketahui bahwa nilai jual tanah dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan dikarenakan semakin minimnya lahan disamping meningkatnya jumlah penduduk. Hal ini menandakan bahwa peningkatan penduduk selalu berbanding lurus dengan peningkatan kebutuhan tempat tinggal.
Investasi tanah  atau bangunan bisa menjadi salah satu investasi syariah yang selain halal juga menguntungkan. Dikatakan hala karena Anda tidak hanya memberikan uang yang menghasilkan uang lebih banyak, namun Anda berarti menjual tanah maupun menyewakan tanah yang memang dari tahun ke tahun memiliki peningkatan nilai jual.
  1. Investasi Emas

Cara investasi syariah lainnya adalah dengan investasi produk emas. Sama halnya dengan tanah, emas selalu memiliki nilai jual yang bertambah tinggi.
Dalam jangka 5 tahun dari mulai Anda menginvestasikan emas biasanya Anda akan mendapatkan keuntungan 15 hingga 20% yang tergantung dari kadar logam mulia tersebut. Meskipun emas memiliki nilai jual yang fluktuatif, namun sangat jarang sekali investasi emas ini mengalami kerugian sehingga sangat cocok digunakan untuk investasi syariah.
  1. Deposito Bagi Hasil

Deposito dengan sistem bagi hasil ini sering ditawarkan pada perbankan syariah. Anda bisa mendepositokan uang Anda ke bank-bank syariah dengan sejumlah nominal yang telah ditentukan. Investasi deposito syariah ini tidak mematok keuntungan yang bisa Anda dapatkan.
Uang yang Anda investasikan biasanya dapat diambil dalam periode 5 sampai 10 tahun setelah kesepakatan. Prinsip yang digunakan dalam deposito syariah ini adalah mudharabah muthlaqah yang berarti  pihak bank akan mengelola keuangan Anda secara produktif dan yang pasti menguntungkan bagi investor dan tetap tidak melupakan prinsip-prinsip yang dianut oleh hukum islam.
Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa keuntungan didapatkan berdasarkan kesepakatan bagi hasil bersama.
  1. Reksadana Syariah

Cara investasi reksadana menganut prinsip pengelolaan uang investor yang digunakan untuk  modal perusahaan. Jadi sistemnya hampir mirip dengan menaruh saham pada perusahaan tertentu sebagai portofolio investasi. Modal yang dimaksudkan ini bisa dalam bentuk obligasi, saham dan lain sebagainya.
Reksadana syariah akan mengelola uang Anda dengan sangat transparasi dan memberikan Anda data terkait uang Anda digunakan untuk modal apa saja. Investasi akan dilaksanakan oleh manajer investasi, namun prosesnya tidak berkaitan dengan masyir, riba dan ghahar.
  1. Asuransi Syariah

Bagi Anda yang ingin melakukan asuransi baik kesehatan maupun asuransi lainnya namun tetap menginginkan cara yang halal, Anda bisa memilih sistem asuransi syariah. Jika pada asuransi konvensional dana premis yang dibayarkan akan menjadi milik perusahaan sepenuhnya dan terjadi jual beli resiko maka dalam asuransi syariah ini dana premis tetap menjadi hak milik Anda. Jadi sistem asuransi syariah ini selain halal dapat menguntungkan Anda.

Sumber : maxmanroe.com
Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------