Kepingin Menjadi Penyiar Radio Berkualitas? Begini Persyaratan Yang Harus Anda Penuhi

Kepingin Menjadi Penyiar Radio Berkualitas? Begini Persyaratan Yang Harus Anda Penuhi

Trendingusaha | Beberapa waktu lalu Ketua Umum Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) DKI Jakarta, M Rafiq mengungkapkan bahwa menjadi penyiar radio bisa mendapatkan gaji sampai 60 juta perbulan. gaji tersebut bisa didapat sebagai penyiar dari murni honornya. Bahkan bisa saja bertambah karena merangkap sebagai MC atau sebagai moderator di acara-acara pesta perkawinan atau acara keluarga dan perhelatan lainnya. Sebuah penghasilan yang wow untuk gaji profesi di Indonesia. 

Menjadi penyiar, presenter, MC, pembaca berita atau bahkan moderator sebenarnya terletak pada hobi, talenta, wawasan dan membuat audience tidak bosan. Karena selain bisa menjadi informer, profesi profesi tersebut sebenarnya adalah entertainer. Menjadi seorang penyiar radio berkualitas tidak mudah, namun bisa dipelajari bagaimana mengorganizing sebuah topik yang akan disiarkan. Producer memberikan arahan dan penyiar mengeksekusinya. Disinilah talenta itu berperan dalam membuat suasana tetap hidup dan akhirnya diharapkan pendengat tetap stay in touch tetap pantengin channel radio tersebut. 


Nah, saya yakin Anda pasti juga pingin menjadi penyiar radio, namun apakah memenuhi persyaratannya, mari disimak syarat syarat menjadi penyiar radio berikut ini :

1. Sifat / Talenta


Talenta yang dimaksud adalah sifat atau karakter yang diberikan oleh Tuhan untuk bisa mendukung Anda untuk menjadi penyiar radio. Contoh orang yang punya sifat pendiam akan lebih sulit menjadi penyiar daripada orang yang mempunyai sifat cerewet. Atau Anda yang mempunyai pita suara tipis / serak akan sulit untuk menata suaranya agar bulat dan ngebass. Selain itu pengucapan juga harus jelas agar setiap yang Anda siarkan akan bisa diterima dengan mudah oleh pendengar. Tapi jangan khawatir, semua hal tersebut masih biasa dilatih dan dibiasakan namun untuk menjadi seorang penyiar berkualitas masih membutuhkan waktu yang lebih lama daripada Anda yang sudah mempunyai talenta diatas

2. Kuasai wawasan yang akan disiarkan.


Menjadi smart broadcaster bukan berarti harus memahami semua wawasan pengetahuan atau informasi. Cukup dengan kuasai wawasan adan cara mengorganisasi apa yang akan disiarkan pada hari itu. Disinilah perlunya persiapan yang matang seperti materi siaran, konsepnya, waktunya, sasaran pendengar dan lain lain. 

3. Bisa menjadi bagian Teamwork yang solid


Menjadi penyiar sesungguhnya tidak akan bisa bekerja sendiri walaupun bisa Anda lakukan sendiri. Penyiar berkualitas butuh ide ide segar setiap hari, memilih lagu lagu yang disukai pendengar, informasi informasi yang aktual dan viral, siaran live, dan lain lain. Ada orang orang di sekeliling Anda yang siap membantu seperti operator, kontributor, producer, programmer dan lain lain. Orang orang tersebut adalah bagian dari tim yang solid. Anda tak perlu membawa ego dalam menentukan topik, konsep dan cukup menjadi bagian dari tim tersebut.

4. Mempunyai keinginan kuat menjadi penyiar.


Secara umum mempunyai keinginan termasuk hobbi, passion dan minat adalah kunci dari semuanya. Tidak hanya menjadi penyiar saja. Namun hampir semua profesi diawali dengan hobi. Selain itu keinginan kuat untuk belajar juga harus di intensifkan. Contohnya , Anda bisa mengawalinya dengan membantu seorang penyiar walaupun tidak digaji atau membuat komunitas radio lokal dan mencoba untuk eksis lalu teman yang mendengarkan bisa disuruh untuk mengomentari kualitas siaran Anda.

Dari keenpat kriteria diatas Anda juga harus bisa menyesuaikan dengan type radio siaran. Jika Anda ingin lebih condong sebagai entertainer daripada seorang news broadcaster. kamu bisa pilih Radio yang menyajikan lagu lagu atau informasi ringan, lifestyle dll. Namun jika kamu ingin menjadi penyiar berita, talkshow kamu harus lebih fokus dengan persiapan persiapan lebih matang, dan memahami materi dengan baik

Selamat menjadi seorang penyiar radio berkualitas dan kamu bisa raih gaji yang spektakuler.
Advertisement

Trending juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments