Membuka Usaha Studio Musik Islami, Menyalurkan Hobi Musik Sambil Beribadah Lengkap dengan Analisis Usaha

Membuka Usaha Studio Musik Islami, Menyalurkan Hobi Musik Sambil Beribadah Lengkap dengan Analisis Usaha

Trendingusaha | Saat ini tengah marak rental studio musik , mulai dari kelas kampung sampai kelas elit. Penyewanya pun bukan hanya group band remaja dari berbagai aliran musik, melainkan juga anak anak SD yang mulai tertarik untuk bermusik. Betul memang identik dengan biaya tinggi karena mahalnya harga instrumen musik. Dulu hanya anak anak akalngan menengah keatas saja yang dapat menikamati asyiknya bermain musik. Namun kini banyak cara yang bisa dilakukan seperti berpatungan uang saku, anak anak dari kalangan mana saja bisa berlatih musik di studio studio musik yang menjamur.

Peluang bisnis di industri musik cukup terbuka. Untuk itu tak heran jika para remaja berbondong bondong menjejali studio studio musik. Sebagian lagi sudah merekam karya lagu untuk ditawarkan kepada studio rekaman.bahkan tidak sedikit pula yang membuat 'indie label" dan memasarkannya sendiri.

Walaupun harus mengeluarkan dana yang lumayan besar, prospek usaha ini seperti tidak ada matinya.Sebab, keinginan para kawula muda untuk bermusik juga tak bakal ada matinya. Dunia ini tidak bakal sepi dari musik. Selain memberikan untung yang lumayan, membuka usaha ini pada dasarnya memberikan kepuasan tersendiri, terutama bagi mereka tang betul betul cinta pada musik. Panghasilan dapat, hobipun tersalurkan.

Untuk merancang tempat, Anda tidak perlu memaksakan diri dengan membuat ruangan khusus. membuat studio musik dapat juga dengan membongkar kamar tidur atau garasi yang bisa disulap menjadi studio mini. Selanjutnya Anda tinggal membuat ruangan yang kedap suara. 



Andaikata kita memasang tarif sewa 12 ribu sampai 20 ribu per jamnya, atau dengan tarif 22 ribu untuk 2 jamnya maka bila ada 5 grup band minimal saja yang datang ke studio perhari (estimasi per group menyewa 2 jam) maka bisa sampai 24 nonstop terpakai. Dengan begitu, sehari kita bisa meraup dana kurang lebih 110 ribu. Alhasil, pendapatan kita dalam sebulan dapat mencapai sekitar 3 jutaan. dan tidak berlebihan jika secara bersih paling tidak 60%nya atau yang 2 juta kita bisa dapatkan dari jumlah pendapatan. maka setidaknya selama kurun 1-2 tahunan saja kita sudah balik modal.

Konsep Studio Musik Islami 


Desain konsep ruangan studio musik terlihat lebih islami. Hiasi ornamen yang bernuansa Islam, bahkan kalau perlu buatlah tulisan tulisan dengan pesan yang islami, seperti contohnya Orang sukses nggak akan l;upa sholah. Selain indah juga sebagai sarana dakwah, karena biasanya jika lagi bermain musik sampai lupa sholat.

Sediakan fasilitas studio yang islami seperti rebana model banjari atau ishari, marawis, biola, sitar, bongo, dombuk dan lain lain, selain alat musik yang umum lainnya. Tidak usah ragu atau malu bila dibilang kemayu. Yakinlah apabila masih banyak group musik dengan aliran seperti itu yang akn memanfaatkan jasa studio. Apalagi lagu lagu yang dibawakan adalah lagu religi. Insya Allah akan membawa keberkahan dan menambah nilai ibadah.

Buka Kursus Musik Juga OK


Selain merentalkan studio musik, Anda juga bisa membuka kursus musik menambah usaha ini tetap eksis. Tarif kursus bisa bervariasi dengan kisaran Rp 150.000 - 200.000 per bulan per orang, dengan pertemuan sebanyak 4 kali masing masing selama 1 jam. Bila dalam satu rombongan belajar Anda mampu melayani 2 - 4 orang maka sebulan  bisa mengantongi sekitar Rp 300.000. Jika bisa melayani 3 rombel kalikan saja 

Nggak perlu mahir musik


Bila kamu awam dengan dunia musik. Tidak usah bingung untuk membuka usaha ini. carai saja orang yang kapabel untuk jadi trainernya. Toh Anda sudah punya aset tempat, peralatan dan mungkin nama besar studio Anda. Bila dalam hitungan kasar Anda bisa mengantongi 900 ribuan, jika menggunakan jasa orang lain tinggal kurangi biaya trainernya.

Berikut analisis usaha sederhana yang cukup memadai untuk disewakan :

Ruangan 4 x 4                                               :  Rp 2.000.000
Karpet                                                            : Rp    500.000
1 Gitar rhythm                                               : Rp 1.000.000
1 Gitar bass                                                    : Rp 1.000.000
1 Gitar Melodi                                               :  Rp 1.000.000
1 set drum                                                      :  Rp 3.000.000
1 buah orgen                                                  : Rp 2.500.000
4 buah mic @ Rp 50.000                               : Rp 200.000
4 buah stand mic @ 150.000                         :  Rp 600.000
3 buah stand gitar @150.000                         :  Rp 600.000
2 efek distorsi untuk gitar @200.000             : Rp 400.000
2 Amplifier untuk gitar @1.000.000              : Rp 2.000.000
1 Amplifier untuk bass                                   : Rp 1.000.000
1 Amplifier untuk vokal                                 : Rp 1.000.000
Jack dan kabel audio                                      :  Rp 200.000
1 buah kipas angin                                          : Rp 500.000
Total                                                                : Rp 17.500.000

Advertisement

Trending juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments