Seberapa Penghasilanmu Dari Ngeblog ?

Seberapa Penghasilanmu Dari Ngeblog ?

 Menulis artikel di blog merupakan hobby yang tidak semua orang memilikinya. Banyak orang bertanya tanya seberapa pendapatan seorang seorang blogger yang menghabiskan waktunya hanya menulis di blog. Namun hal ini banyak diabaikan para blogger karena ngeblog sebenarnya tidak melulu dengan hasilnya. Bagi saya ngeblog butuh konsistensi, mulai dari ide, riset kata kunci, tool, seo dan lain lain yang harus dikelola secara profesional. Dengan kata lain jika  kita ingin blog kita berkualitas tentu butuh dana, waktu, dan skill. Jika kita hanya mengandalkan salah satunya dan mengabaikan yang lain akan timpang dan blog kita hanya biasa biasa saja.

Seberapa Penghasilanmu Dari Ngeblog ?


Bisakah kita ngeblog tanpa menggunakan dana. Sebenarnya bisa dengan menggunakan platform blogspot tanpa sewa domain (custom domain). Namun cara ini  butuh mental baja. Selain tentunya konsistensi, persaingan kata kunci di serp sebagai blog baru agak sulit menembus blog blog yang sudah lama dan mempunyai authority bagus di mata google. Bersabar dengan menulis dan menulis dan dipublis secara kontinyu dengan artikel kualitas super hasil dari buatan sendiri bisa mengobati kekecewaan disaat blog masih saja tidak disinggahi pengunjung.


Kadang orang hanya coba coba dan ketika tidak menunjukkan progres positif, blog dibiarkan terbengkalai, tidak diupdate sama sekali. Cara ini akan membunuh blog kita pelan pelan. biarlah sebulan sekali tidak apa apa yang penting blog kita update dan saya sudah buktikan bahwa mengupdate artikel secara kontinyu lambat laun pengunjung semakin meninhgkat.


Blog yang saya miliki yaitu Blog Ngamen mempunyai sejarah panjang. 5 tahun lalu blog ini sebenarnya saya mengambil nice musik, namun seiring waktu tulisan tulisan tentang musik punya nilai CPC yang renda, saya mulai gabungkan dengan nice teknologi.


Blog kedua Khan.web.id tidak saya gunakan untuk mendrive pengunjung secara khusus. Blog ini saya gunakan untuk menulis tentang guru dan dunia pendidikan. Namun secara umum masiih menjadi blog gado gado.


Kalau ditanya sudahkah blog saya menghasilkan uang. Kalau saya sendiri jawabnya sudah pernah yaitu antara tahun 2015 - 2018. Setelah itu pengunjung terus menurun dan menurun. Berbagai kebijakan google yang nampaknya ingin mematikan nasib blog blog kecil , dan persaingan kata kunci yang dulu tidak pernah tersentuh oleh situs besar namun sekarang sudah dibabat habis oleh situs besar menjadi salah satu penyebabnya.


Lalu apakah kita menyerah begitu saja. Saya lambat laun mencoba menyesuaikan dengan kebijakan baru google walaupun hanya sekedar blog bisa bertahan hidup. 

Beberapa teman blogger juga bertanya kenapa nggak pindah ke wordpress saja yang punya banyak keuntungannya. Namun sampai sat ini saya masih suka dengan platformnya google ini, namun melihat teman teman yang lebih berhasil dengan platform wordpress agaknya suatu saat nanti akan saya pertimbangkan. sadar biaya yang tidak sedikit dari sewa domain dan hostingnya, wordpress tidak bisa dikelola amatiran sedangkan waktu saya lebih tersita dengan pekerjaan diluar ngeblog.

Nah, bagi teman teman blogger yang ingin curhat tentang penghasilan ngeblognya silahkan komen dibawah. Demikian curhat saya semoga bisa menjadi gambaran sobat dalam aktifitas blogging.


Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------