jBatik, Software Untuk Mempermudah Membatik

jBatik, Software Untuk Mempermudah Membatik

jBatik, software karya Pixel People Project yang disponsori oleh program SENADA Business Innovation Fund dari USAID( United States Agency for International Development) sudah meraih tipe 2. 0. Dengan tipe ini, jBatik siap dijual ke masyarakat

Menurut Nancy, Head of Bussiness Pixel People Project, jBatik v 2. 0 adalah edisi penyempurnaan dari jBatik tipe dini yang telah memenangkan Indonesia ICT Award 2008 dan Asia Pacific ICT Award 2008. Perubahan signifikan yang ada dalam tipe 2. 0 ini adalah software ini bisa dan mudah dipergunakan oleh siapa saja.


" Tipe sebelumnya itu belum ada wujudnya. Sehingga hanya programer ataupun matematikawan saja yang bisa pakai serta mendesain. Selain itu pula interface di

versi ini jauh lebih baik dan lebih simpel," paparnya saat berbincang dengan detikINET usai launching jBatik v 2. 0 di Blitz, Parisj Van Java, Rabu( 27/ 5/ 2009) petang.

Pada dasarnya software menemukan Pixel People Project ini tidak hanya bisa dipergunakan untuk mendesain batik semata. Tetapi untuk mendesain arca maupun modeling juga bisa." Tetapi tetap desainnya didasari oleh rumus- rumus matematika Fractal," kata Head of Design Pixel People Project.

Pada versi kedua ini, jBatik bisa menghasilkan motif- motif batik dengan trik generatif, dimana komputer memiliki otoritas dalam menciptakan foto tanpa

intuisi desainer. Desainer hanya perlu merekayasa sistemnya saja yaitu rumus Fractal nya untuk menghasilkan gambar objek tertentu.

Pixel People Project terdiri dari 3 orang adalah Yun Hariadi yang menjabat sebagai Head of Research, Muhamad Lukman sebagai Head of Design serta Nancy Margried sebagai Head of Business.

Dalam proyek bersama SENADA USAID ini, tim ini berkolaborasi dengan Dimas Danurwenda serta Andik Taufiq dari Informatika ITB buat aplikasi programmer. Tenaga desain merupakan Kiranasasi Wiryawan dari FSRD ITB serta konsultan Batik merupakan Achmad Haldani.

" Jadi kata siapa batik fractal bukan batik? silahkan mendapati Achmad Haldani, dia hendak menarangkan secara detil tentang batik serta batik fractal. Sebaliknya partner lain dalam pembuatan aplikasi ini merupakan Bluemoon Technology, yang diwakili oleh Elwin Ardririanto bagaikan technology advisor," pungkas Nancy 

Nah untuk mendapatkan versi pro atau bukan trial silahkan kunjungi situs resmi jBatik untuk mendapatkan serial key nya
Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------