Menampung Barang Rongsokan, Usaha Memikat Untung Berlipat

Seiring dengan meningkatnya daya beli masyarakat , akan menimbulkan peningkatan pemenuhan kebutuhan hidup. Namun disisi lain akan menimbulkan masalah baru dimana akan menimbulkan tumpukan-tumpukan barang rongsokan dan sampah-sampah yang kian hari kian meningkat. Dari sinilah ide kreatif ini dimulai.

Barang rongsokan tidak lagi menjadi perusak pemandangan dirumah tangga. Dengan sedikit menyediakan lokasi penampungan, sobat sudah bisa memulai usaha ini. Segala jenis bahan bekas seperti plastik, besi, kertas, aluminium dan lain lain bisa sobat tampung untuk di sortir dan dijual kembali ke pabrik tempat pengolahan barang bekas atau barang rongsokan. Agar banyak orang yang mengetahui bisnis yang sedang Anda jalankan, pasanglah plang yang berisi informasi bahwa Anda menerima sejumlah jenis barang rongsokan.Hal ini dapat memancing keingintahuan dan partisipasi dari para tetangga untuk ikut memasok barang rongsokan bagi bisnis Anda. Mulailah untuk menata lahan kosong anda agar dapat menjalankan bisnis barang rongsokan sambil tetap menjaga kebersihan dan kerapian. Tak ada salahnya kan memanfaatkan lahan kosong, karena Anda dapat menghemat biaya sewa tempat untuk dialokasikan bagi kepentingan bisnis lainnya.

Beberapa tips yang bisa sobat gunakan untuk mengembangan dan mengelola usaha penampungan barang rongsokan diantaranya :

  • Mulailah dengan mencoba mengumpulkan barang rongsokan dari rumah sendiri, tetangga dan teman teman dengan nilai beli sesuai dengan harga pasaran. Cari informasi harga beli dari pabrik pengolah barang rongsokan.
  • Pisahkan barang barang dan lakukanlah penyortiran dan pemantauan kualitas sebelum menyajikan barang bekas anda pada pelanggan. Cobalah untuk membersihkan kotoran atau noda yang menempel pada barang bekas anda. Untuk peralatan elektronik, sambungkan dulu perlalatan tersebut pada arus listrik untuk menguji konektivitas dan kualitasnya. Buku buku bekas yang masih punya nilai jual busa sobat sortir untuk dijual ke penjual buku bekas. Namun jika terdapat barang rongsokan yang sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi, pisahkan dan sortir berdasarkan jenis barangnya untuk nantinya akan di daur ulang dan dikirim ke pabrik pengolahan dan peleburan barang daur ulang.  
  • Kemas kedalam sak atau karung, jika berbentuk plastik gunakan sak yang besar karena bobotnya yang ringan. Jika berbentuk potongan potongan besi atau logam lainnya, bisa sobat kemas dalam karung yang punya kekuatan kemasan yang bagus. Jika berbentuk rongsokan kertas koran atau kardus , hanya perlu diikat yang bagus. Dan jika sudah memenuhi target pengumpulan yang sobat inginkan langsung dijual .

Dengan berbekal ketekunan dan kerja keras ternyata setumpuk barang bekas tak terpakai dapat disulap menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Peluang bisnis tak selalu berasal dari sesuatu yang sifatnya mahal atau baru. Manfaatkan saja sumber daya yang ada di sekitar anda untuk mulai merintis usaha sesuai dengan kemampuan. Dengan tekad dan semangat inovasi, niscaya bisnis Anda dapat berkembang menjadi bisnis yang semakin sukses.

0 Response to "Menampung Barang Rongsokan, Usaha Memikat Untung Berlipat"

Post a Comment