Usaha Menguntungkan Dari Jualan Minuman Es Tebu

Usaha Menguntungkan Dari Jualan Minuman Es Tebu

Sederhana namun keberadannya sangat diminati berbagai kalangan. Es tebu adalah minuman asli cukup dengan berbahan tebu yang diperas dengan mesin peras tebu dan sari air tebu tersebut di tambahkan es, jadilah es tebu. Jualan es tebu sangat cocok di cuaca yang panas dan di tempat keramaian. Udara yang panas membuat orang haus dan air es tebu merupakan salah satu cara untuk menghilangkan haus dan terasa dingin menyegarkan.


Seperti usaha atau bisnis pada umumnya, untuk menjaga kelangsungannya harus membutuhkan supply bahan baku yang terus menerus. Tebu sebagai bahan baku harus tersedia secara kontinyu . Jika punya lahan bisa digunakan untuk tanaman tebu , sehingga bisa melipatgandakan keuntungan. Tebu yang digunakan untuk minuman es tebu berjenis tebu hijau atau tebu herbal karena tidak semua jenis tanaman tebu cocok untuk diolah menjadi minuman menyehatkan.

Sari tebu herbal berwarna kehijau hijauan dan menyehatkan bahkan bagi penderita diabetes sekalipun. Jus sari tebu berbeda dengan gula olahan pabrik karena sari perasan tebu belum menjadi gula. Bahkan banyak penderita diabetes menggunakan sari tebu sebagai pengganti gula.

Analisa usaha minuman es tebu memang membutuhkan biaya pembelian mesin untuk memeras batang tebu (sugar cane presser) yang berkisar harganya 3 jutaan. Mesin pemeras ini bisa digerakkan dengan mesin genset atau dengan dinamo power dengan daya yang cukup besar. Namun hal ini tidak menyurutkan peminat usaha es tebu jika dilihat dari peluang bisnisnya. Selain itu relatif  tidak membutuhkan biaya apapun kecuali tempat jualan (gerobak atau kios).

Skill atau kepiawian dalam membuat es tebu juga tidak membutuhkan waktu lama untuk belajar. Kuncinya hanya bagaimana cara memeras tebu agar air tebu bisa terperas habis. Sisa atau ampas tebu juga mempunyai banyak manfaat seperti bisa dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk organik, sebagi bahan bakar ramah lingkungan atau jika bisa diolah kembali bisa menjadi bahan dasar tisu, kertas dan lain lain.

Segelas es tebu bisa dijual dengan harga 4 - 5 ribu tergantung lokasi dan harga bahan baku. Di tempat tempat yang lebih elit bisa dijual lebih mahal. Nah, bagaimana dengan usaha minuman es tebu yang menjanjikan ini. Mungkin bisa Anda coba dilokasi domisili tempat tinggal Anda.
Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------