3 Peluang Usaha Online Baru Di 2019 yang Perlu Dicoba

3 Peluang Usaha Online Baru Di 2019 yang Perlu Dicoba


Trendingusaha blog - Di zaman perkembangan teknologi dengan jaringan internet yang semakin merambah luas dengan kecepatan yang semakin kencang dengan biaya yang lebih murah, berkomunikasi online sudah menjadi kebiasaan siapa saja  dan dimana saja terutama dalam kebutuhan untuk membangun jaringan bisnis.

Bisnis online saat ini sudah menjadi bagian gaya hidup bagi segala kalangan masyarakat baik yang berada di perkotaan bahkan sudah merambah ke pedesaan. Terbukti bahwa bisnis atau usaha apapun yang Anda geluti saat ini pasti pasti selalu mendapat sentuhan online dari segala sisi terutama dalam hal pemasaran atau marketing. Disadari atau tidak cara ini akan membuka peluang bagi pebisnis untuk berkreasi menciptakan berbagai jenis usaha baru terutama yang saat ini semakin menjamur melalui sosial media.

Tren bisnis melalui sosial media akan terus berkembang ditahun 2019 namun beberapa jenis tidak lagi menjadi hal yang baru, kecuali Anda menjual produk dengan jenis yang langka dan diminati pasar. Sepertinya jika Anda masih menggeluti bisnis melalui sosial media seharusnya tidak lagi konsentrasi pada nemilih jenis produk diatas namun lebih kepada layanan untuk bisa berkembang ditengah persaingan yang semakin besar. Lalu jenis usaha baru jenis apa yang bisa menjadi peluang untuk dikembangkan ?

Di tahun 2019 pasti akan semakin berkembang lagi model usaha usaha online berskala besar maupun berskala pemula yang akan muncul dan memanjakan konsumen baik berbasis teknologi maupun jaringan online. Berikut 2  jenis usaha yang bisa menjadi peluang  di tahun 2019 :

1. Membeli dan menjual kembali barang dari olshop besar


Saat ini banyak sekali jenis toko online besar di Indonesia yang saling bersaing menjual harga lebih murah dengan layanan antar yang semakin berkualitas bahkan tidak jarang yang memberikan layanan antar gratis.Bagi pebisnis pemula atau startup yang menyukai belanja online shop besar seperti Shopee, Lazada, Blibli, Tokopedia, Zalora, Zilingo, Salestock, Bukalapak, Akulaku, JD.id dan berbagai olshop lainnya.  Jika Anda bermodal paspasan, Anda tak akan mungkin bersaing harga dengan olshop besar tersebut. Namun ada peluang yang bisa Anda lirik dari persaingan harga dan layanan berbagai toko tersebut. Jika Anda shopper mania, Anda bisa hunting barang dan membeli barang yang dijual dari toko tersebut dan Anda bisa jual kembali baik secara online maupun offline dijaringan bisnis Anda. Dengan memanfaatkan fitur flash sale, ongkir gratis, diskon, cash back, COD, Cuci Gudang dan berbagai layanan untuk mendapatkan peoduk dengan harga lebih murah . Cara ini berbeda dengan fitur reseller maupun dropship yang biasanya menjadi bagian dari fitur yang ada ditoko tersebut. Anda bebas menjelajahi toko manapun untuk mendapatkan barang murah namun dengan kualitas yang bagus. Momen momen tertentu seperti Black Friday, Harbolnas, Hari Raya bisa menjadi saat paling menguntungkan untuk mendapatkan barang barang yang murah.

Keuntungan terbesar adalah Anda tidak perlu modal untuk hunting produk, cukup sediakan jaringan internet yang cepat, memantau momen momen flash sale dan membelinya, Produk otomatis akan dikirim ke rumah Anda. Seperti yang saya sampaikan diatas bahwa perbedaan dengan reseller atau dropship, anda menjual produk Anda masih di olshop tersebut dan Anda cukup mendapatkan komisi saja. Disatu sisi bisa tidak bermodal sama sekali, namun sebagai mitra Anda harus patuh dengan peraturan dan ketentuan olshop tersebut, tidak jarang pemain reseller maupun dropship  bisa disuspend akunnya sewaktu waktu secara sepihak tanpa tahu kesalahan yang jelas. Namun jika menjadi reseller mandiri tanpa terikat dengan olshop manapun, Anda punya hak untuk menentukan haluan bisnis Anda secara bebas. Kuncinya adalah jaringan bisnis yang Anda bangun baik melalui sosial media, maupun secara konvensional harus dijaga dan dipelihara agar terus berkembang.

2. Membuat test berbasis online


Peluang usaha lain yang prospektif di tahun 2019 adalah membangun situs ujian berbasis online. Seperti kita ketahui saat ini berbagai jenis test atau ujian sering dibutuhkan bagi siapa saja yang akan menempuh pendidikan atau pekerjaan, sepertu ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ditingkat SMP, SMA dan SMK, Tes Center 2019  untuk ujian Masuk Perguruan Tinggi, Ujian Masuk STAN, Ujian CPNS dan BUMN dan berbagai ujian lainnya.

Jika anda punya keahlian menjadi pengembang situs, bisa melirik peluang ini. Selain membuat situs dengan tampilan mudah diakses, hosting dan  template yang cepat, Anda cukup mengupdate soal soal ujian yang baru dan sesuai dengan perkembangannya.

Darimana keuntungan didapat ?, Anda bisa bangun dari vip member (anggota berbayar yang akan mendapatkan fasilitas lebih)  atau iklan Adsense yang bisa jadi pendapatan utama. Dalam perkembangannya Anda juga bisa menciptakan aplikasi berbasis Android dan memasang iklan Admob untuk menghasilkan pendapatan.

Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------